Denah Kamar Kost 3x5 Cara Efektif Membuatnya Jadi Lebih Lega

Admin - 08 April 2024

Denah kamar kost 3x5 merupakan ukuran kosan yang paling umum dijumpai di wilayah kota-kota besar. Ukuran ini sangat ideal, tidak terlalu sempit dan tidak pula terlalu besar. Sehingga sangat memungkinkan untuk menaruh berbagai peralatan sehari-hari selain tempat tidur. Penataan yang rapi pun bisa menjadikan kamar kos lebih nyaman. Namun perlu upaya lebih untuk menjadikan kost ukuran 3x5 agar teras lebih luas.

Tips Jitu Merancang Denah Kamar Kost 3x5 Paling Minimalis dan Cozy

Ruangan kamar kos yang terbatas bukan menjadi halangan untuk membuatnya tetap nyaman dan efisien. Bahkan dengan konsep yang bagus memungkinkan kamar tetap sederhana namun terlihat elegan dan minimalis seperti desain rumah eksklusif. Berikut beberapa inspirasi desain yang bisa menjadi referensi untuk mendekorasi kamar kost dengan ruangan terbatas.

Gunakan Sofa Bed atau Tempat Tidur Lipat

Untuk memaksimalkan ruangan kost yang terbatas gunakan tempat tidur atau sofa bed lipat. Perabot ini memungkinkan area tempat tidur atau sofa menjadi ruang duduk yang lebih luas pada siang hari. Selain dapat memberikan fleksibilitas juga bisa menghemat ruangan kamar. Sehingga kamar ukuran 3x5 bisa terkesan lebih lebar ketika bed terlipat.
Sofa BedSumber : Quantum Springbed, Blibli.com

Meja Lipat

Cara kedua untuk membuat denah kamar kost ukuran 3x5 agar lebih luas adalah dengan memanfaatkan meja lipat. Meja ini juga dapat menjadikan ruangan lebih leluasa karena dapat dipindahkan dengan mudah setelah selesai pemakaian. Sehingga ruangan kamar akan tampak lebih luas dan bisa untuk melakukan aktivitas lain secara leluasa.
meja lipatSumber : Homedoki Official, Shopee.co.id

Rak Gantung

Untuk penyimpanan barang-barang sehari-hari gunakan rak gantung yang bisa dipasang di bagian belakang pintu atau dinding. Rak ini bisa berguna untuk menaruh barang-barang seperti tas, topi, maupun sepatu. Rak gantung ini memungkinkan ruang vertikal berguna secara maksimal tanpa memakan space lain yang lebih penting.
Rak gantungSumber : R.K.M_FURNITURE 05, Shopee.co.id

Lemari Dinding

Selain rak gantung, dinding yang kosong bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Caranya dengan membuatnya sebagai lemari dinding serbaguna. Trik ini cukup efektif untuk membuat denah kamar kost 3x5 jadi terasa luas. Selain berfungsi untuk menyimpan pakaian, lemari ini juga bisa berguna untuk menaruh buku dan barang-barang lain. Lemari ini tidak memakan ruangan di lantai sehingga ruang kost tetap tampak luas dan lega. Aktivitas pun bisa jauh lebih leluasa dengan tidak adanya lemari konvensional di kamar kost.

Pintu Geser

Selain perabotan, hal lain yang bisa dibuat lebih simpel dari desain kost 3x5 adalah bagian pintu. Untuk memaksimalkan sisa ruang gunakan jenis pintu geser. Model ini dapat meminimalisir penggunaan ruang ketika membuka pintu. Caranya cukup sederhana, hanya dengan melepas engsel pada pintu dan menambahkan rel dan roda pada bagian atas dan bawah pintu. Setelah itu pintu dapat dibuka tutup hanya dengan menggesernya saja. Sehingga dapat mengoptimalkan ruangan kos yang sempit.
Pintu geser

Gunakan Cermin Besar

Selain memaksimalkan ruangan, ada cara yang lebih tricky untuk membuat denah kamar kost 3x5 jadi tampak lebih luas dan lega. Yaitu dengan memasang cermin berukuran besar pada dinding. Cermin yang lebar ini bisa menciptakan visual kamar jadi lebih luas dan terbuka. Selain itu, cermin bisa berguna ketika sedang mencoba pakaian maupun merias wajah atau menata rambut. Sehingga selain tricky, cermin besar ini juga berguna sebagaimana fungsi utamanya.
cermin besarSumber : Ky_Furniture Jepara_, Tokopedia.com

Pasang Rak Dinding atau Pegboard

Dinding memang menjadi poin penting untuk memaksimalkan kamar berukuran terbatas. Selain untuk lemari, dinding bisa menjadi tempat yang pas untuk menempelkan rak atau pegboard. Fungsinya sangat kompleks, bisa menjadi tempat untuk menaruh buku, aksesoris, gadget seperti laptop, smartphone, bahkan televisi sekalipun. Bahkan untuk menambah keindahan juga bisa meletakkan vas bunga di atasnya. Sehingga sangat sayang jika membiarkan dinding kamar kosong begitu saja.
fffSumber : Oxihom, Tokopedia.com

Gunakan Cat Berwarna Terang

Perihal warna cat tembok juga turut mempengaruhi kesan luas dari denah kamar kost yang berukuran 3x5. Oleh sebab itu, perhatikan pemilihan warna cat dengan baik. Usahakan gunakan warna yang terang dan cerah untuk dinding kamar. Warna yang cerah mampu memberikan kesan luas dan lega. Meskipun menyukai warna gelap, namun untuk kamar kost 3x5 mungkin cat gelap lebih baik dihindari. Warna gelap justru akan memberikan kesan sempit. Berbeda dengan denah rumah kost ukuran 4x5 yang lebih luas.

Jagalah Kebersihan dan Kerapian Ruangan

Penting sekali untuk selalu memperhatikan kebersihan kamar secara rutin. Kemudian tatalah perabotan dan barang-barang harian secara rapi. Selain tertata dan tampak lega,ruangan yang bersih juga menjamin kesehatan. Berbeda dengan kamar kost yang dibiarkan berantakan. Bukan hanya terlihat sempit, namun juga dapat menjadi tempat sumber penyakit.

Demikianlah beberapa tips membuat denah kamar kost 3x5 secara sederhana dengan memaksimalkan potensi ruang yang ada. Gunakan furniture yang berkualitas dan sesuai ukuran ruang supaya dapat berfungsi secara optimal serta bertahan lama. Kemudian budayakan juga menjaga kebersihan dan kerapian dalam ruang kamar. Sehingga tidak hanya lega namun juga bebas dari bibit penyakit yang mungkin menyerang.

banner kos dan apartemen